Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengapa Kuliah di China? Ini 7 Alasannya

BeasiswaTalk - China merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia. Saat ini tercatat ada lebih dari satu miliyar jiwa. Bisa dibayangkan betapa banyak sumber daya manusia yang China. Tidak hanya kuantitas, orang-orang China juga terkenal mempunyai kualitas yang unggul terutama dalam bidang
ekonomi. Tak heran kiranya jika hampir di seluruh negara di dunia terdapat orang-orang China yang menguasai daerah tersebut, berbisnis, berinvestasi, berniaga, dan sebagainya. Produk made in China juga banyak eksis di pasar-pasar di seluruh dunia.
Mengapa Kuliah di China?

'Tuntutlah Ilmu walau sampai ke negeri China". Adagium ini barangkali sudah amat populer di telinga kita. Sebagai bangsa besar, China tentu menjadi salah satu objek favorit untuk melanjutkan studi. Dan berikut 7 alasan mengapa kamu harus kuliah di China

1. Kualitas Pendidikan Kelas Dunia
Universitas di China memang belum ada yang setara Cambridge, Oxford maupun Harvard, namun mutu dan kualitas pendidikan di China sudah diklasifikasikan kelas dunia. Dari 20 perguruan tinggi terbaik Asia versi Times Higher Education, tujuh di antaranya berasal dari China, di antaranya Tsinghua University, Peking University, Nanjing University dan Zheijiang University. Pemerintah China juga sedang berinvestasi besar-besaran dalam menaikkan mutu pendidikan. Pada tahun 2015 proyek Rencana Double First Class University dicanangkan untuk mencapai 42 kampus terbaik dunia pada 2050 di China Daratan.

2. Beragam Pilihan Jurusan
Di China, kita bisa memilih banyak sekali fakultas dan jurusan yang kita minati, mulai dari ekonomi, hukum, sastra, kesehatan, pertanian, hingga jurusan yang amat asing di telinga. Kabar baiknya, jurusan ini juga tersedia dalam bahasa Inggris.

3. Biaya Hidup Terjangkau
Jika dibandingkan dengan negara Eropa atau Amerika, biaya hidup di China bisa dikatakan terjangkau, mulai dari makanan, transportasi maupun kebutuhan hidup lainnya. Biaya kuliah pun lebih murah dibanding negara-negara lain, bahkan dibanding dengan Indonesia. Di China tidak ada uang pangkal yang mencapai ratusan juta rupiah, uang gedung dan sebagainya.

4. Kesempatan Belajar Bahasa Mandarin
Selain berkesempatan lebih menguasai bahasa Inggris yang mana digunakan dalam dunia pendidikan di China, dengan kuliah di China kamu juga sekaligus belajar bahasa Mandarin. Sebagaimana kita ketahui bahwa Mandarin merupakan bahasa internasional yang dipelajari oleh banyak orang di dunia.

5. Peluang Berkarir
Dunia mengenal China sebagai bangsa yang produktif. Beberapa produk elektronik, fashion, peralatan rumah tangga, China selalu terdepan dalam memproduksinya. Taipan-taipan China juga banyak yang berinvestasi dan menguasai dunia. Orang China punya bakat yang bagus dalam berbisnis dan berkarir. Dengan banyaknya mahasiswa dari berbagai dunia juga semakin membuka peluang untuk menjaring koneksi.

6. Ragam Wisata Alam dan Budaya
China terkenal dengan budayanya yang begitu kuat dan mengakar. Bangunan khas, Tembok Besar, kuil-kuil, situs-situs keagamaan banyak dikunjungi turis dunia. Pada tahun 2018, tercatat sekitar 60 juta wisatawan asing mengunjungi China. Kondisi geografis China juga membentuk lokasi wisata alam yang memukau, seperti pantai, pegunungan, hingga salju.

7. Kemajuan Teknologi
China bisa dikatakan maju dalam segala hal, termasuk teknologinya. China termasuk negara ke tiga yang berhasil mengirim manusia ke luar angkasa setelah Amerika Serikat dan Rusia, juga satu-satunya negara yang berhasil menembak jatuh satelit luar angkasa dengan rudal dari bumi. Kemajuan infrastuktur juga tampak dari banyaknya pembangunan. Bahkan China sering menjadi tuan rumah ajang olahraga internasional.

Demikianlah ulasan tentang 7 Alasan Mengapa Harus Kuliah di China. Semoga bisa bermanfaat  menjadi referensi untuk kamu melanjutkan studi dan menggapai kesuksesan. Baca juga informasi penting dan menarik lainnya memalui jelajah peta situs di sini
[ klik disini 1X ] [ close ]